Kumpulan Motivasi Hikmah

Jumat, 03 Agustus 2012

Kamu Harus Memulainya dengan Bersikap Jujur

 Kata Bijak Kata Mutiara Kata Hikmah Kata Nasehat Berikut ini adalah kisah atau dongeng menarik yang cocok untuk di sampaikan kepada anak anak, remaja, pemuda bahkan pada orang tua, pria muda dan wanita. Kisah hikmah, Kisah renungan bisa membuat kita sadar dan bisa jadi hiburan, begitu pula dengan kisah lucu, cerita humor yang bisa di jadikan hiburan juga sebagai pelajaran.  Saya berharap dengan kisah ini nantinya kita semua bisa mengambil hikmah dan pelajaran untuk kemudian kita ambil hikmahnya sebagai bekal untuk hidup baik di masa sekarang dan yang akan datang, amin... Selamat Membaca dan semoga bermanfaat. Jangan lupa jika kisah ini bagus dan bermanfaat silahkan beritahu teman jika kurang bermanfaat silahkan hubungi admin . →←®™


Kamu Harus Memulainya dengan Bersikap Jujur
(Erabaru.or.id) Sima Guang, adalah orang yang pernah menjadi Perdana Mentri Dinasti Song Utara dan seorang sejarawan terkenal, tinggal di Desa Sushui, Kabupaten Xia, Provinsi Shanxi.
Sima Guang tinggal di Kota Luoyang ketika menyusun sebuah buku berjudul, Zi Zhi Tong Jian (1). Suatu hari Sima Guang menyuruh pelayan tuanya, Luzhi, untuk membawa kuda tua, yang telah dia tunggangi selama beberapa tahun, untuk dijual di pasar. Sima Guang mendesak Luzhi, “Kamu harus mengatakan kepada pembeli potensial bahwa kuda ini mempunyai warna bulu yang sangat menarik, kudanya sangat tinggi, kuat, berkarakter lembut, dan fisiknya sangat kuat. Tapi kamu juga harus mengatakan kepada pembeli bahwa kuda ini punya masalah paru-paru selama musim panas. Pastikan pembeli mengenalinya dan memperhatikan masalah ini.
Pelayan tua tertawa dan berkata, ”Apakah kamu pernah melihat penjual melon mengungkapkan fakta bahwa melonnya pahit? Mengapa kita harus memberitahukan masalah itu kepada pembeli potensial kalau mereka bahkan tidak dapat melihat masalah apapun. Disamping itu, penampilannya sangat bagus, tidak akan ada seorangpun yang dapat menyalahkan kita ketika mereka mengetahui penyakitnya.
Sima Guang terus-menerus menggelengkan kepalanya dan berkata, ”Berapa harga yang saya dapat dari menjual kuda itu adalah perihal yang sepele, akan tetapi, reputasi yang rusak adalah hal yang penting. Hal yang paling penting adalah menjadi orang yang baik, bersikap jujur dan menepati janji. Ketamakan seseorang terhadap keuntungan kecil akan mudah merusak reputasi orang itu, ini adalah prinsip menjadi orang.”
Sima Guang selalu jujur. Dia menganggap kebajikan dan kemurahan hati sebagai tindakan terhormat. Dia selalu menyebut dirinya sendiri sebagaiseorang tua yang sederhana.” Kebajikannya sebagian besar terkait dengan pendidikan budi pekerti yang dia terima dari ayahnya Sima Che semasa kanak-kanak. Sima Che mempunyai tiga orang putra dan Sima Guang adalah yang termuda. Dia tidak manja walaupun dia adalah yang termuda. Malahan dia menerima pendidikan yang sangat keras dan belajar nilai-nilai kejujuran, kesederhanaan dan kesabaran.
Contohnya, ketika Sima Guang berumur 5 tahun, dia memutuskan ingin makan sebuah kacang kenari. Kakaknya mencoba membantu dia; akan tetapi dia terlalu muda untuk membuka kulit kacang kenari. Pelayan wanita datang dan merebus kacang kenari dengan air yang mendidih sebentar, dan kemudian kacang itu terbuka dengan mudahnya. Ketika kakak wanitanya pulang dan bertanya kepadanya siapa yang telah membuka kulit kacang kenari itu, Sima Guang berkata kepadanya bahwa dia telah melakukannya sediri. Ayahnya mendengar semunya dan menegurnya dengan keras, ”Anakku! bagaimana kamu bisa berbohong tentang hal ini? Kejujuran adalah perilaku utama untuk menjadi seorang pria sejati. Ini sangat penting, agar orang lain dapat mempercayai kamu.” Sejak itu, Sima Guang tak pernah berbohong lagi.
Sima Guang berkata, ”Dalam keseluruhan hidup, saya tidak pernah melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain dan tidak ada sesuatu apapun yang saya lakukan yang saya takut diketahui oleh orang lain.” Pernyataan ini menunjukkan bahwa Sima Guang adalah orang yang lurus. Ketika Liu Anshi meminta nasihat dari Sima Guang tentang bagaimana membentuk diri seseorang dan bagaimana mengaturnya di dunia, dia berkata, ”Kamu harus selalu memulainya dengan bersikap jujur dan selalu berkata yang benar dalam keadaan apapun.”
Catatan:
(1) Ini adalah judul dari serangkaian sejarah jilid 294 yang mencangkup suatu periode 1.362 tahun di masa Lima Dinasti.
Chinese version available at http://minghui.ca/mh/articles/2006/2/9/120317.html
http://www.clearwisdom.net/emh/articles/2006/2/22/70201.html


Kamu Harus Memulainya dengan Bersikap Jujur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Majalah Bisnis