Kumpulan Motivasi Hikmah

Minggu, 05 Agustus 2012

Kisah Kancil dan Penebang pohon

 Kisah Kancil dan Penebang pohon

 Kata Bijak Kata Mutiara Kata Hikmah Kata Nasehat Berikut ini adalah kisah atau dongeng menarik yang cocok untuk di sampaikan kepada anak anak, remaja, pemuda bahkan pada orang tua, pria muda dan wanita. Kisah hikmah, Kisah renungan bisa membuat kita sadar dan bisa jadi hiburan, begitu pula dengan kisah lucu, cerita humor yang bisa di jadikan hiburan juga sebagai pelajaran.  Saya berharap dengan kisah ini nantinya kita semua bisa mengambil hikmah dan pelajaran untuk kemudian kita ambil hikmahnya sebagai bekal untuk hidup baik di masa sekarang dan yang akan datang, amin... Selamat Membaca dan semoga bermanfaat. Jangan lupa jika kisah ini bagus dan bermanfaat silahkan beritahu teman jika kurang bermanfaat silahkan hubungi admin . →←®™

 Kisah Kancil dan Penebang pohon
 
alt
Ilustrasi (Google.Image)
Seekor kancil yang terdesak oleh belasan anjing pemburu, dalam suatu perburuan, bertemu seorang penebang pohon di hutan. Ia mendekati orang itu untuk minta perlindungan.
Si penebang pohon menunjuk rumah gubuknya dan berkata. “Kau boleh sembunyi di dalam sana.”
Kancil menuruti nasehatnya, lalu menyelinap masuk gubuk dan bersembunyi di sebuah sudut gelap.
Tak lama kemudian rombongan pemburu tiba di tempat penebang pohon. Mereka bertanya apa dia melihat kancil yang mereka buru?.

“Tidak,” kata penebang pohon, tapi salah satu jarinya menunjuk kearah gubuk rumahnya. Maksudnya menunjukkan arah sembunyi si kancil, tapi para pemburu tidak mengerti sinyal yang diberikan penebang pohon. Mereka hanya memahami kata yang diucapkannya, Jadi mereka bergegas meneruskan perjalanan memburu kancil.

Kancil setelah tahu para pemburu dan anjing-anjingnya pergi, dan keadaan sudah aman, segera keluar dari persembunyiannya dan meninggalkan gubuk si penebang pohon.

Melihat kancil pergi tanpa mengucapkan sepatah kata pun, penebang pohon menegurnya. “Kancil, kau pergi tanpa pamit dan tanpa mengucapkan terimakasih padaku! Padahal aku telah menyelamatkanmu!”

“Hai, penebang pohon!” kata kancil sambil memalingkan muka, “Andai perbuatanmu sebaik kata-katamu, aku pasti akan bersyukur dan berterimakasih kepadamu!”

Kisah Kancil dan Penebang pohon diatas mengilustrasikan tentang sungguh culasnya orang yang tidak sama kata-katanya dengan perbuatannya.

Aesop adalah seorang pendongeng (storyteller) yang hidup di Yunani sekitar 600 tahun sebelum Masehi. Keistimewaannya Aesop adalah, ia menuangkan kebijakan-kebijakan atau kadang kritikannya dalam bentuk cerita binatang atau fabel. (Alx/chr/asr)

Kisah Kancil dan Penebang pohon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Majalah Bisnis