Kumpulan Motivasi Hikmah

Sabtu, 22 September 2012

Bhiksu miskin berkata kepada bhiksu kaya

To: Pembaca abajadun di manapun berada Dengan ini saya menyampaikan beberapa tulisan terbaik untuk di baca Saya berharap di baca sampai selesai ya ?

Message:
Di pedesaan Sichuan, Tiongkok kuno, ada 2 orang bhiksu yang seorang kaya dan yang seorang lagi miskin.

Bhiksu miskin berkata kepada bhiksu kaya, "Saya ingin pergi ke laut China selatan."

Bhiksu yang kaya menjawab dengan sifat menghina, "Berdasarkan apa engkau dapat pergi kesana?"
Bhiksu miskin menjawab ,"Saya akan membawa sebuah botol air dan sebuah mangkok."

Bhiksu kaya berkata lagi dengan suara mengejek, "Selama beberapa tahun ini, saya ingin menyewa kapal pergi tetapi tidak tercapai, engkau mengandalkan 2 barang ini bisa sampai?"

Setelah setahun berlalu, bhiksu miskin sudah pulang dari laut China selatan. Dia pergi menjumpai bhiksu kaya dan menyampaikan kabar ini kepadanya.

Bhiksu kaya setelah mendengar ceritanya merasa sangat malu. Karena jarak Xishu Sichuan sampai ke Laut China Selatan, adalah ribuan mil jauhnya, biarawan miskin dapat mencapainya sedang biarawan kaya tidak dapat pergi ke sana.

Dari kisah di atas menggambarkan bahwa orang jika hanya dapat bercita-cita tetapi tidak menjalankannya, maka akan seperti bhiksu kaya dari pendesaan Sichuan ini. Sedangkan orang miskin jika mempunyai cita-cita tinggi dan dengan sungguh-sungguh bekerja keras menggapai cita-citanya akan sama dengan bhiksu miskin ini. (Mingxin.net/hui/asr)

Bhiksu miskin berkata kepada bhiksu kaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kisah Hikmah

0 komentar:

Posting Komentar